20 Februari 2016

Dekorasi Ruang Makan? Perhatikan 4 Faktor ini

ModelRumahh.com - Cara dekorasi ruang makan?, gambar ruang makan?, desain ruang makan? atau cara dekorasi ruangan? Query pencarian rumah ... thumbnail 1 summary
ModelRumahh.com - Cara dekorasi ruang makan?, gambar ruang makan?, desain ruang makan? atau cara dekorasi ruangan?

Query pencarian rumah 2016, rumah minimalis, rumah sederhana, rumah idaman, denah rumah, rumah murah, gambar rumah, desain rumah, rumah unik, rumah bagus, rumah cantik, taman rumah, rumah klasik, model rumah, rumah impian, rumah masa kini. dan berikut Dekorasi Ruang Makan? Perhatikan 4 Faktor ini

Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang kerap dipergunakan sebagai ruang berkumpul bagi seluruh keluarga. Sambil menyantap sarapan atau sajian makan malam, ruang ini juga menjadi saksi dari ragam cerita suka maupun duka yang dialami masing-masing anggota keluarga.

Dekorasi Ruang Makan? Perhatikan 4 Faktor ini

Agar ruang makan terasa nyaman dan hangat, Anda harus mendekorasinya dengan baik dan benar. Tak berbeda dengan ruangan lain, dekorasi ruang makan dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek. Berikut detil-detil yang harus ada di ruang makan, seperti dikutip dari Lifestyle.com.au.

1. Pemilihan furnitur

Apalah arti segala hidangan mewah namun anggota keluarga atau tamu tidak nyaman berada di dalamnya. Untuk itu, penggunaan furnitur ruang makan harus dicermati sebaik mungkin. Pada meja, Anda bisa memilih empat bentuk standar yang umum dijual, yakni persegi panjang, kotak, bundar, dan oval. Pilih yang menurut Anda pas dengan luas area di ruang makan, agar menghindari keterbatasan gerak anggota keluarga saat makan.

Untuk ruang makan dengan area terbatas, Anda bisa memilih bentuk persegi panjang atau bujur sangkar. Dengan bentuk ini, keempat sisinya bisa Anda manfaatkan secara maksimal. Meja berbentuk oval atau bulat cocok untuk Anda yang memiliki ruang luas.

Sementara untuk kursi, perhatikan segi ukuran, kenyamanan, gaya, dan bahan. Jika ruang makan tak terlalu luas, lebih baik menempatkan kursi dengan ukuran sedang yang sesuai dengan lebar meja makan. Lalu untuk sisi kenyamanan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan sandaran kursi dirasa nyaman saat Anda mendudukinya.

Gaya pun menjadi aspek penting selain kenyamanan. Tentukan apakah Anda menginginkan kursi dengan tangan atau tanpa tangan, sandaran yang tinggi atau rendah, dan sebagainya. Pilih yang sesuai selera dan tema ruang makan. Terakhir, karena bahan dari kursi bisa mempengaruhi suasana makan, maka Anda harus jeli saat memilihnya. Biasanya bahan kursi pada umunya meliputi akrilik, kayu, rotan, dan kursi dengan bantalan (upholstered).

2. Atur pencahayaan

Lampu yang wajib ada di tiap ruang makan adalah lampu diatas meja makan. Secara tradisional, lampu yang digunakan adalah lampu gantung. Tetapi, Anda dapat menggunakan lampu dengan gaya yang lebih modern, seperti downlight.

Hal ini dirasa penting terutama jika menu makanan yang disajikan adalah ikan. Tentu siapapun tak mau ada anggota keluarga yang tidak sengaja menelan duri, kan? Selain itu, pencahayaan yang cukup entah dari cahaya matahari melalui jendela pada siang hari maupun lampu gantung yang terang, juga membantu menciptakan suasana yang menyenangkan.

3. Warna yang ‘pas’

Kalau hal yang satu ini memang ada teorinya, yaitu penggunaan warna merah terbukti dapat mengundang nafsu makan. Lihat saja, banyak restoran-restoran yang menggunakan warna yang identik dengan kesan berani ini, bukan? Warna merah dapat ditambahkan pada salah satu dinding ruang makan. Selain itu, penambahan warna putih pada meja makan akan memberikan kesan tenang dan segar.

4. Sentuhan artistik

Untuk menciptakan kesan menyenangkan dari sebuah ruang makan, Anda perlu menambahkan sentuhan detil menarik, seperti hiasan dinding yang unik, atau pajangan lucu yang dapat membawa suasana ceria. Perasaan bahagia akan menambah acara makan bersama menjadi semarak.